SUHU PADA LAPISAN TROPOSFER


KENAPA DATARAN TINGGI LEBIH SEJUK BAHKAN DINGIN DARIPADA DI DATARAN RENDAH?????



      saya dulu juga pernah berfikir demikian, kenapa udara di puncak lebih dingin ya daripada di dataran rendah.... semakin tinggi semakin dekat matahari... ko malah dingin.....?

      Pada lapisan Atmosfer terutama lapisan Troposfer ternyata memiliki perubahan suhu yang berbeda, bahwa sinar matahari memiliki gelombang pendek, sedangkan udara tidak dapat menyerap radiasi gelombang pendek, gelombang pendek dari matahari diterima permukaan Bumi kemudian dipantulkan dalam bentuk gelombang panjang, pantulan inilah yang menyebabkab suhu udara meningkat, jadi bisa kita simpulkan panas udara berasal dari pantulan permukaan bumi... untuk di daerah gunung lebih banyak tempat yang tidak rata/bergunung-gunung daripada dataran rendah sehingga intensitas sinar matahari yang diterima permukaan bumi di puncak lebih rendah dari pada dataran rendah... itulah kenapa di gunung lebh sejuk udaranya....

rumus yang di gunakan untuk menentukan suhu pada ketinggian tertentu

keterangan :
Tx : suhu yang dicari
To : Suhu yang di ketahui
H2 : Ketinggian tempat 2
H1 : Ketinggian tempat 1
100 m (konstanta ketinggian)
0,6°C (konstanta suhu)
rata-rata tiap tempat dengan ketentuan tiap naik 100 m suhu turun 0,6°C

Dibawah ini latihan soal yang berkaitan dengan perubahan suhu di suatu tempat

Contoh soal:
Kota A memiliki ketinggian 50 m di atas permukaan laut. Rata-rata suhu udara di kota A adalah 28°C. Berapakah rata-rata suhu udara kota B yang memiliki ketinggian 260 m di atas permukaan laut?
Jawab:
∆T =28°C-((260m-50m)/100m) × 0,6°C
= 26,74°C
Jadi, suhu udara kota B = 26,74°C

Komentar